desainrumahgratis

Jumat, 07 September 2012

Artikel Kamar Mandi: CARA MEMBUAT KAMAR MANDI YANG NYAMAN

Untuk menciptakan atau membuat sebuah kamar mandi yang nyaman untuk digunakan memang dibutuhkan lebih banyak waktu atau perhatian khusus dibandingkan kamar lain. Kamar mandi membutuhkan perencanaan yang matang jika tidak, anda akan menghadapi beberapa masalah seperti kebocoran air, lantai yang licin dan ventilasi yang buruk. Untuk menghindari beberapa kesalahan dalam mendesain kamar mandi, ada baiknya mengetahui beberapa fakta yang sering dijumpai di setiap kamar mandi. Dengan demikian, bisa membuat kamar mandi anda menjadi sempurna, sehat, dan nyaman digunakan.

1. Perhatikan Sistim Plumbing (Pemipaan)
Kesalahan pemipaan sangat banyak ditemui pada kamar mandi. Ini sering terjadi saat anda menggunakan kamar mandi dan melihat air mengalir dari dinding. Anda akan terkejut mengetahui bahwa ada pipa yang bocor, jelas ini akan memerlukan biaya untuk memperbaikinya. Tukang ledeng anda harus menghancurkan keramik untuk memperbaikinya. Maka dari itu, untuk menghindari biaya yang lebih banyak pastikan posisi pemipaan (sistim plumbing) diposisikan sedemikian rupa sehingga dapat diakses dengan mudah bila diperlukan perbaikan.
2. Lantai Anti Slip
Gunakanlah material yang tidak licin (anti slip) untuk lantai kamar mandi. Jika menggunakan keramik yang licin atau material lain yang tidak anti slip, bisa menyebabkan kecelakaan serius. Saat ini juga ada lantai kayu tahan air yang anti slip dan tentu akan menambah tampilan kamar mandi anda lebih menarik, tetapi harganya cukup mahal.
3. Ventilasi Yang Baik
Jika kamar mandi tidak memiliki ventilasi yang memadai dapat menimbulkan kondensasi di dalam ruangan dan akhirnya dapat mengundang jamur. Pencahayaan alami dan ventilasi yang tepat sangat diperlukan, agar kamar mandi tidak pengap dan tidak lembab. Jika kamar mandi anda mempunyai jendela, sebaik dibiarkan terbuka bila tidak digunakan, hal ini bisa memecahkan masalah jamur dan kelembaban. Kipas ventilasi (exhaust fan) juga dapat dipasang di dinding, ini lebih efektif dalam kamar mandi yang tidak memiliki jendela.
4. Sediakan Tempat Penyimpanan
Anda mungkin berpikir bahwa tidak ada kebutuhan untuk memiliki ruang penyimpanan di dalam kamar mandi tapi ketika anda berpikir tentang hal-hal seperti handuk, shampo, sabun, produk pembersih dan lain-lain. Anda mungkin ingin memiliki ruang ekstra untuk itu. Sebuah lemari dinding pada kamar mandi dapat menambah tampilan kamar mandi anda lebih menarik dan juga membantu anda untuk menyembunyikan peralatan tadi di dalamnya.
5. Posisi Kloset Yang Tepat
Akan terlihat janggal apabila kloset terletak tepat di samping pintu. Tempatkanlah kloset pada posisi terjauh dari pintu dan dekat dengan washtafel. Akan sangat menjengkelkan jika kloset terlalu jauh dari washtafel.
6. Pencahayaan Yang Tepat
Cahaya alami atau buatan keduanya penting dalam membuat kamar mandi yang nyaman. Untuk membuat kamar mandi anda lebih menarik, pencahayaan yang tepat sangat diperlukan. Cahaya alami membantu anda untuk membuat kamar mandi anda terbebas dari pengap. Pemasangan lampu kecil (redup) akan membantu menuntun anda menuju kamar mandi saat malam hari. Dan untuk bola lampu, gunakanlah lampu halogen.
7. Hindari Pemakaian Material Yang Salah
Dalam membuat kamar mandi pemakaian material yang tahan air merupakan pilihan yang tepat. Keramik, ubin porselen serta granit sangat tepat digunakan pada kamar mandi. Batu alam atau kayu juga dapat digunakan. Kayu jati adalah pilihan yang cocok untuk kamar mandi karena tahan air. Untuk bahan perekat ubin atau keramik sebaiknya juga menggunakan material yang tahan air (water proof). Jika perekat keramik tidak tahan air, dapat melemahkan perekat dan menyebabkan ubin atau keramik retak. Jangan menggunakan pipa-pipa yang berkwalitas rendah. Ini dapat menyebabkan kebocoran sehingga anda akan mengeluarkan biaya yang banyak untuk memperbaikinya.
8. Sediakan Ruang Gerak (Space)
Banyak ditemui kamar mandi berukuran kecil, tapi kadang-kadang ada yang terlalu luas sehingga terasa kurang fungsional. Kamar mandi memerlukan ruang gerak (space) terutama sekali pada sekitar dan di depan kloset, washtafel dan bak mandi. Adanya ketersediaan ruang gerak (space) pada tempat-tempat tersebut akan membuat kamar mandi anda menjadi nyaman untuk digunakan.
9. Pastikan Ada Ruang Untuk Pintu
Ketika merancang kamar mandi anda harus memastikan bahwa ada cukup ruang untuk membuka pintu.
Banyak ditemui kesalahan dalam pemasangan pintu pada kamar mandi. Pada kamar mandi yang kecil, cobalah untuk menggunakan pintu geser atau pintu yang terbuka ke luar.




3 komentar:

  1. terimakasih tips2nya, bisa buat referensi..

    BalasHapus
  2. Tidak semua orang bisa memiliki dekorasi rumah yang mewah. Tapi, hampir semua orang menginginkan dekorasi rumahnya terlihat premium dan berkelas.

    Ternyata, dengan trik tertentu, Anda bisa memiliki dekorasi rumah yang tampak mahal, meski sebenarnya tidak. Beberapa ide simpel ini bisa membantu Anda membuat dekorasi rumah terlihat mahal. Dapatkan pilihan atau model dekorasi rumah Anda di Sini

    BalasHapus