desainrumahgratis

Jumat, 13 Juli 2012

Contoh Kamar Tidur: POSISI DAN BENTUK JENDELA KAMAR TIDUR

Penempatan posisi jendela dan bentuk jendela dipengaruhi oleh beberapa pertimbangan-pertimbangan diantaranya:
  1. Posisi jendela disesuaikan dengan penetrasi cahaya pada siang hari. Jika bentuk jendela yang tinggi akan memberikan penetrasi cahaya yang baik ke dalam ruangan. Jendela yang memanjang horizontal akan memberikan penyebaran cahaya yang baik ke arah samping terutama di dekat jendela itu sendiri.
  2. Posisi jendela disesuaikan dengan pemandangan ke luar dan jenis aktivitas. Jika terdapat pemandangan yang baik, maka bentuk jendela dapat dibuat sampai garis lantai sehingga dapat menghasilkan manfaat penuh dari pemandangan tersebut.
  3. Posisi dan bentuk jendela berdasarkan pengaman dan kemudahan untuk perawatan jendela itu sendiri. Bentuk jendela yang simple akan lebih memudahkan untuk perawatannya.
Pada gambar ini terlihat bahwa arsiteknya sangat memperhitungkan pertimbangan di atas dalam menentukan posisi dan bentuk jendela kamar tidur yang dirancangnya. Memilih jendela yang tinggi, jelas keinginan sang arsitek untuk mengharapkan penetrasi cahaya ke dalam ruangan sangat tercapai. Kemudian membuat jendela tinggi tersusun secara horizontal juga menjadikan penyebaran cahaya jadi merata. Dan yang terakhir membuat bukaan jendela sampai ke garis lantai sehingga pemandangan yang indah di luar kamar tidur ini dapat dinikmati secara maksimal oleh penghuninya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar