desainrumahgratis

Jumat, 13 Juli 2012

Artikel: PLAFON

Kata plafon berasal dari kata plafond (bahasa Perancis), yang berarti langit-langit. Ceiling (bahasa Inggris) istilah yang lebih sering digunakan dalam pekerjaan bangunan. Langit-langit (ceiling atau plafon) adalah permukaan interior bagian atas sebuah ruangan.
Penggunaan plafon awalnya hanya bertujuan untuk menutupi struktur bagian atas sebuah ruangan, baik itu struktur beton lantai atas ataupun rangka kuda-kuda atap. Namun sekarang ini, penggunaan plafon juga mempunyai peranan penting dalam mendesain sebuah ruangan. Sangat erat kaitannya dengan penataan cahaya (penataan lampu).
Para designer pun selalu menggunakan unsur ini dalam merancang sebuah kamar tidur. Aneka macam materialpun sudah mendukung untuk membentuk plafon yang diinginkan, mulai dari triplek, gypsum, lambersering dan aluminium (sering untuk bagian luar). Penanganan finishingnya juga beragam, ada yang menggunakan cat, meng-ekspos dengan cara hanya melapisi coating atau cat impra, dan bahkan melukisnya. Semua tergantung selera dan kemampuan penggunanya…
Pada desain kamar tidur ini menunjukkan begitu dominannya peranan plafon pada ruangan ini. Cekukan plafon pada dinding bahagian jendela dimanfaatkan sebagai penutup rail gorden. Penempatan lampu untuk pencahayaan memanfaatkan pola desain plafon. Pemilihan warna dan material serta desain antara langit-langit, dinding dan lantai memberikan kesan yang menyatu, apik dan elegan.

Photo diambil dari: gharexpert

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar